Kamis, 19 Januari 2012

Stok Motor Trail Bekas, Selalu Ada di Komunitas

Berburu motor trail seken emang susah-susah gampang! Karena  enggak semua pedagang motor bekas atau motkas punya stok motor penggaruk tanah. Apalagi pengguna motor trail ini tergolong besutan hobies, jadi kalau enggak kepepet banget motor belum tentu di jual.

Justru rata-rata penjual motor trail seken ini bisa ditemui di bengkel komunitas. “Maklum bengkel ini memang tempat kumpulnya komunitas trail, jadi segala informasi soal jual-beli motor bermuara di sini,” ujar Robby Handa pemilik bengkel Robby Steam sekaligus pedagang motor bekas khusus trail. 

Besutan trail lokal memang enggak banyak pilihannya. Paling baru varian Kawasaki KLX 150 dan 250, muka lama macam Suzuki TS 125, atau Hyosung RX125 juga masih meramaikan bursa trail bekas. “Sekarang yang paling banyak dicari bekasnya Kawasaki KLX 150, kalau KLX 250 harga sekennya masih tinggi,” lanjut Lerry Rachmat Rizky dari Caos Custom Bike juga punya stok trail bekas.   

Harga yang ditawarkan sangat bervariasi. Apalagi kalau telah dimodifikasi. “Kalau sudah full variasi off-road banderolnya lain lagi. Malah bisa tembus sampai Rp 20 juta,” jelas Robby.

Harga itu tetap tergantung kondisi motor. Untuk KLX nopekgo agak jarang karena harganya yang masih tinggi  “Kalau KLX 250 pasaran bekasnya masih agak kurang,” tambah Robby lagi,

Sedang untuk trail mona alias  motor China, juga ada peminatnya. Seperti Loncin, Beijing, dan lainnya. “Biasanya trail China ini diminati pemula yang baru mulai hobi adventure. Alasannya karena harga bekasnya masih jauh lebih murah,” sebut Robby lagi.

Mau pakai besutan trail adventure import juga monggo. Itu karena beberapa pedagang juga punya stok besutan ini. Peminat besutan trail impor biasanya mereka yang sudah terbiasa ikut adventrue dengan motor lokal. “Mereka ingin naik kelas karena power dan handling trail jenis impor  lebih mumpuni,” urai Erickson Andilolo spesialis pedagang trail impor seken.

Harga trail impor ini bervariasi tergantung merek dan tahun produksinya. Pilihannya beragam mulai KTM XC, Yamaha TTR, Honda CRF 250, Suzuki DRZ, sampai Husqvarna. “Beli impor harus perhatikan ketersediaan spare-parts juga. Sebab, selain susah di soal suku cadang atau ketersedian komponen, harga yang ditawarkan juga tergolong mahal,” tegas Erickson.

Selamat berburu.  (motorplus-online.com)
DAFTAR HARGA
KLX150 2008-2010 : Rp 14-16 juta
KLX250 2008-2010 : Rp 37-40 juta
Hyosung RX125 : Rp 8-14 juta
Suzuki TS125 97-05 : 8-13 juta
Honda CRF s/d Rp 80 juta
Suzuki DRZ s/d Rp 80 juta
Loncin dan Beijing : Rp 4-9 juta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar